Berita

Mahad Al-Jamiah IAIN FM Papua Gelar Pelatihan BTA

(iainfmpapua.ac.id) –  Ma’had Al-Jamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Pelatihan Baca Tulis Al-quran (BTA) bagi mahasantri di masjid kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 13 September 2023.

Wakil Rektor (Warek) II Dr. Amirullah, M.Ag dalam sambutannya meminta para mahasantri ma’had Al-Jamiah agar memanfaatkan kesempatan yang diberikan untuk memperkuat pengetahuan baca tulis Al-quran. “Teruslah belajar karena ilmu ini tidak hanya dipakai semasa hidup, tapi dibawa sampai hari akhir nanti,” ucapnya. Warek II mengingatkan para mahasantri untuk menjadi orang-orang yang terbaik. “Kata Rasulullah, orang yang terbaik adalah mereka yang belajar al-quran dan mengamalkannya,” tambahnya. Ia berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. “Setelah mengikuti pelatihan, lanjutkan kegiatan lain, lebih rajin ke masjid kampus untuk tadarusan maupun zikir bersama,” ungkapnya.

Kepala Ma’had Al-Jamiah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh. Y. Un Mayalibit, M.Ag menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan dasar dan penguatan pemahaman baca tulis Al-quran dengan baik. “Terdapat banyak keutamaan dari mempelajari dan mengkaji Al-quran, maka sungguh-sungguhlah belajar agar kalian bisa melihat hasilnya dan keutamaan-keutamaannya,” tegasnya. Ia berharap kepada para mahasantri baru untuk mengambil langkah perubahan lebih baik pada ma’had. Di akhir sambutannya, ia berpesan kepada para mahasantri agar memahami dengan baik bahwa ma’had bukan hanya tempat tinggal selama berkuliah di IAIN Fattahul Muluk Papua, namun juga menjadi tempat kajian spiritual. “Sehingga mahasantri memiliki nilai lebih dari sisi religius dan spiritualitas,” terangnya. Pembukaan pelatihan baca tulis Al-quran ini dihadiri oleh Sekretaris Ma’had Dr. M. Syukri Nawir, M.Ag, para pengurus, dan mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Her).

Spread the love

Leave a Reply