Berita Kegiatan

Rektor Minta Pengurus Mahad Al-Jamiah IAIN Papua Amanah Jalankan Tugas

(iainfmpapua.ac.id) – Mahad Al Jamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Pelantikan Pengurus dan Musyrif-Musyrifah di masjid kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 24 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd berpesan kepada para pengurus agar amanah dalam menjalankan tugas. “Bermutu atau tidaknya suatu mahad itu tergantung pada kepengurusannya, yang sudah memiliki tugas masing-masing maka tanggung jawab mahad ada di kalian di bawah kepengurusan musyrif-musyrifah,” ucapnya. Rektor meminta pengurus dapat membuat mahasantri memiliki sikap dan berperilaku yang baik agar dapat menjadi contoh. “Kebersihan mahad harus dijaga, karena mahad merupakan tempat tinggal dan istirahat maka buatlah tempat yang nyaman dan bersih untuk kalian tinggali,” tuturnya. Menurutnya, para pengurus yang telah dilantik harus bisa mengemban amanah yang telah diberikan dengan mentaati kebijakan yang telah ditetapkan. “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain,” jelasnya. Rektor juga meminta agar para musyrif-musyrifah dapat aktif berperan untuk menggerakkan anggota dan mahasantri yang lain agar rajin melakukan program kegiatan mahad. “Seperti memperbanyak latihan Bahasa Arab setiap harinya serta menghafal kosa kata bahasa arab yang digunakan sehari-hari,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Mahad Al-Jamiah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Yasin Un Mayalibit, M.Ag menekankan kepada mahasantri mahad agar memperbanyak praktik ibadah. “Karena mahad ini tempatnya praktik ibadah seperti hafalan Qur’an, sholat malam, kajian dan berbagai praktik keagamaan lainnya agar dapat mempertajam ilmu dan skill yang dimiliki,” ungkapnya. Yasin juga berpesan kepada para pengurus agar memiliki tekad yang kuat. “Maka dari situ kalian akan belajar arti tanggung jawab,” terangnya.

Kepala UPT Mahad Al-Jamiah melantik Sadarudin S Tupong sebagai Ketua Ma’had Putra dan Intan Kusmawati A Umar sebagai Ketua Ma’had Putri. Pelantikan pengurus dengan tema ‘Membina Generasi yang Berintegrasi Ilmu, Amal dan Akhlakul Karimah’ ini dirangkai dengan kegiatan ‘Workshop Penguatan Tata Kelola Ma’had Al-Jamiah’ yang dilaksanakan selama dua hari, mulai 24-25 Agustus 2023 dengan menghadirkan narasumber Ustadz Nurul Mashuda, Lc., S.Ag dari Institute Darus- Sunnah Jakarta. Kegiatan ini dihadiri para pejabat di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Spread the love

Leave a Reply