Berita

Mahad Al Jamiah IAIN Papua Gelar Pelatihan Bahasa Arab

(iainfmpapua.ac.id) –Mahad Al Jamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Pelatihan Bahasa Arab untuk Mahasantri’ di masjid kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 25 Mei 2023. Wakil Rektor (Warek) II IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Amirullah, M.Ag menyebutkan bahwa pihaknya bersyukur pada akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana.

“Inilah yang kita nantikan untuk program mahad lembaga kita,” tuturnya saat menyampaikan sambutan pembukaan. Menurutnya, keberadaan mahad selalu menjadi daya tarik bagi masyarakat luas yang akan menggunakan jasa pendidikan di kampus IAIN Fattahul Muluk Papua. “Kami sering keluar daerah untuk sosialisasi di masyarakat, dan selalu ditanya tentang keberadaan mahad di kampus kita,” urainya di depan para mahasantri. Untuk itulah, lanjutnya, program-program untuk mahasantri dari mahad menjadi sangat penting digiatkan secara berkelanjutan.

“Namun saya ingatkan, jangan lupa mengikuti aturan dari pemerintah termasuk kelengkapan dokumen untuk dimasukkan ke data EMIS Kementerian Agama,” ucapnya. Tanpa data yang lengkap, maka pihak mahad akan sulit mendapatkan berbagai program dan bantuan lain terkait aktifitas kemahasiswaan/mahasantri. “DI sisi lain, kami juga mendorong para pengurus untuk membangun relasi antara mahasantri di berbagai mahad lain,” paparnya. Warek II mendorong para mahasantri untuk giat mengikuti lomba-lomba nasional maupun internasional dan proaktif dengan program mahad.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Mahad Al-Jamiah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Yasin Un Mayalibit, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa semester 2 dan 4 dari semua program studi. “Kita akan bimbing kalian agar mahir berbahasa Arab, dan tentu nanti ada seleksi, baik yang ikut pelatihan Bahasa Arab maupun bahasa lainnya,” jelasnya. Ia mendorong para mahasantri untuk memperdalam kemampuan berbahasa Arab dalam upaya mengikuti berbagai lomba seperti qiroatul qutub, pidato bahasa Arab, tanfidz, dan lomba-lomba lain di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN). “Maka pelatihan bahasa Arab ini sangat penting diajarkan,” pungkasnya. Pelatihan ini akan berlangsung selama 4 kali dalam sepekan.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri para dekan, direktur Pascasarjana, dan para dosen bahasa Arab IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Spread the love

Leave a Reply