Berita

Yudisium Tarbiyah : Tanggung jawab Melekat Pada Gelar Sarjana

(iainfmpapua.ac.id) – Tanggung jawab akan selalu melekat pada gelar sarjana yang didapat mahasiswa saat akhir studi. Wakil Rektor I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, S.Ag, M.Pd mengemukakan hal ini dalam sambutan Yudisium Gelombang I Tahun 2021 Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 29 Juli 2021.

Wakil Rektor I Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd

Setelah dikukuhkan dan diberi gelar sarjana, lanjutnya, maka mahasiswa harus bertanggung jawab atas gelar yang diperoleh dalam aktifitas sosial di masyarakat. “Setelah nantinya di wisuda dan keluar dari kampus silahkan berkecimpung di bidang masing-masing agar dapat mengimplementasikan ilmu yang telah kalian pelajari selama berkuliah,” jelasnya.

Selain itu, keberhasilan mahasiswa hari ini tidak luput dari kekuatan besar di baliknya, yakni doa kedua orangtua. “Kalian yang diyudisium hari ini telah menunjukkan bahwa kalian adalah orang hebat namun itu semua tidak luput dari doa kedua orangtua, karenanya berterimakasihlah kepada kedua orangtua sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah,” terangnya mewakili Rektor.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. Zulihi, S.Ag., M.Ag berpesan bahwa mahasiswa akan menjadi alumni yang membawa nama baik lembaga. “Di manapun anda bekerja nantinya, baik dalam bidang akademik maupun non akademik, jagalah almamater dan nama baik lembaga,” terangnya. Tugas dan tanggung jawab mahasiswa nantinya semakin besar dan berat. “Karenanya tetaplah optimis dalam berkiprah dan berokntribusi pada dunia kerja dan lingkungan masyarakat,” imbuhnya. Ia berharap, para alumni dapat bersatu untuk berkontribusi dan membesarkan nama lembaga.

Yudisium Gelombang pertama ini meluluskan 35 mahasiswa dari 5 Program Studi (Prodi). Sembilan lulusan dengan predikat Cumlaude diraih Vena Aryanti, Abdul Mannan, Denny Aulia Rachmawati, dan Lailatul Hidayah dari Prodi Pendidikan Agama Islam, Arika Dilianti dan Sela Rahmatiya dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Nurrahma Bustamin dari Prodi Pendidikan Matematika, serta Jumriani dan Rahcma Dyawati Utami dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Mahasiswa tersebut diberikan penghargaan oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah Dr. A. Arif Rofiki, M.Pd.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa juga memberikan pesan dan kesannya dengan berharap dapat menjadi lulusan dan alumni yang bisa diandalkan.

Kegiatan yudisium yang dihadiri para pejabat dan dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.